Latest topics
» Good Morning from Angkok Wat, Siem Reap, Cambodia
Mon Feb 20, 2017 9:15 am by Lyn Asiana Travel

» Sekilas tentang Australia
Thu Feb 09, 2017 3:52 pm by engres

» Fr : Taiwan
Thu Feb 09, 2017 3:19 pm by engres

» THE PIKAS PIKASTO DAN BANYUWONG
Sat Jan 14, 2017 2:12 pm by ventrapoint

» Makanan khas padang
Sat Jan 14, 2017 2:06 pm by ventrapoint

» Salam kenal dari Jakarta
Sat Jan 14, 2017 2:04 pm by ventrapoint

» Good morning from Co To Island, Quang Ninh Province, Vietnam!
Wed Jan 11, 2017 8:15 am by Lyn Asiana Travel

» Wisata kuliner Dieng
Tue Jan 10, 2017 3:09 pm by engres

» 10 Makanan Khas Terlezat Inggris
Tue Jan 10, 2017 3:03 pm by engres

Top posting users this month


Makanan khas padang

View previous topic View next topic Go down

Makanan khas padang

Post by Ryanz on Wed Aug 10, 2016 4:19 pm

Masakan Khas Padang  - Masakan khas Sumatera Barat adalah jenis kuliner yang banyak digemari di seluruh Indonesia, sehingga banyak tersebar restoran masakan Padang di berbagai penjuru Indonesia. Restoran Padang adalah salah satu jenis restoran yang bisa ditemui di hampir seluruh kota di Indonesia. Warung makan jenis ini sangat digemari karena menyajikan berbagai menu yang tidak hanya khas, namun juga memiliki rasa yang luar biasa lezat.

Beberapa Masakan Terlezat Khas Padang

Ikan Balado
Balado merupakan salah satu sambal dari Sumatera Barat atau di daerah Minang. Setiap restoran Padang memiliki resep balado khasnya sendiri. Bahan dasar dari sambal ini adalah bawang merah, cabe, tomat, air jeruk nipis, garam, dan gula. Tak hanya di Indonesia, masakan ini juga sangat digemari oleh masyarakat negeri tetangga, khususnya Malaysia dan Singapura

Biasanya, sambal balado tersebut dicampur dengan ikan goreng serta sayuran rebus. Ikan yang dicampur dengan balado yang memiliki rasa pedas-manis yang tajam terasa lebih spesial di lidah dan mampu membangkitkan selera makan.

Sate Padang
Sate Padang adalah sate yang dibuat dengan berbagai resep khusus dari Padang, Sumatera Barat. Masakan ini dibuat dari daging sapi yang dipotong dadu kecil dengan saus pedas di atasnya. Karakteristik utamanya adalah saus kuning yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu jeroan pedas, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari, dan garam. Di Medan, Sate Padang tidak hanya menggunakan daging sapi tetapi juga daging ayam dan kambing. Makanan yang lezat ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga tidak baik jika disantap terlalu sering. Sate Padang paling nikmat disantap bersama sepiring nasi putih dan segelas es teh dingin.

Gulai Itiak
Gulai itiak adalah makanan khas dari daerah Koto Gadang, Bukittinggi. Gulai Itiak adalah daging bebek yang diiris tipis-tipis, dimasak bersama dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti cabe kriting hijau, laos, kunyit, dan jahe, serta daun jeruk nipis. Itik yang digunakan adalah yang masih muda dan setelah dipotong dibakar.  Masakan ini terasa pedas, dan memiliki warna kehijauan ketika disajikan.

Karupuak Sanjai
Karupuak atau Kerupuk Sanjai adalah camilan ringan yang sangat cocok untuk mendampingi berbagai menu utama masakan khas Padang yang dikenal memiliki rasa yang sangat berat. Kerupuk ini seolah menjadi penyeimbang cita rasa sekaligus pembangkit selera yang cocok disantap kapan saja.

Karupuak Sanjai terbuat dari singkong yang diparut, dibentuk adonan, lalu digoreng. Bumbu dari kerupuk ini sebenarnya cukup sederhana, hanya berupa garam secukupnya. Meskipun demikian, bumbu yang sederhana ini mampu menyajikan cita rasa yang menggiurkan.

Teh Talua
Teh Talua adalah salah satu menu yang wajib yang harus ada di restoran Padang. Teh ini cukup unik karena penggunaan kuning telur yang dicampurkan saat proses penyajiannya. Telur ayam atau bebek dapat dipilih untuk dicampurkan ke dalam Teh Talua. Bahan-bahan lain selain teh dan kuning telur juga ditambahkan, antara lain adalah gula dan jeruk nipis

Gulai Paku
Gulai paku juga dikenal dengan nama gulai pakis. Gulai paku adalah hidangan klasik Indonesia yang lezat dan memiliki cita rasa yang unik. Bahan makanan khas Padang ini adalah daun pakis yang dimasak dalam saus kelapa yang dibumbui dengan cabai, lengkuas, dan jahe. Biasanya, Gulai Paku disajikan bersama ketupat dan disajikan untuk menyambut Hari Raya.

Kalio Dagiang
Kalio Dagiang adalah sebuah gulai yang terbuat dari daging sapi. Dimasak bersama dengan berbagai rempah-rempah dan cabai, daging direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan sudah menyerap rasa dan aroma dari berbagai bumbu. Sekali gigit, kamu pasti akan terhipnotis oleh kelezatannya.

Dendeng Balado
Dendeng adalah irisan tipis daging kering yang sering digunakan sebagai bahan utama dalam masakan Indonesia. Dendeng Balado bahan utamanya adalah daging sapi yang diiris tipis dan dikeringkan.  Lalu digoreng dan diberi cabai merah atau lado merah. Bahan lainnya adalah bawang merah, bawang putih dan bumbu lainnya. Dendeng awalnya ditemukan oleh masyarakat Minangkabau. Masyarakat Minangkabau membuat masakan dari daging sapi dan membuatnya kering sehingga dapat dimakan selama berhari-hari dan dibawa pergi saat melakukan perjalanan.

Dendeng Batokok
Dendeng batokok sama dengan dendeng balado, bahan utama adalah daging sapi yang diiris tipis dan digoreng. Tetapi cabainya adalah cabai hijau (lado hijau) yang digiling kasar. Daging digoreng dan dipukul-pukul pakai cobek, sehingga dagingnya lebih lembut dan rasanya nikmat.

Soto Padang
Soto Padang terbuat dari irisan daging sapi. Daging sapi yang dipergunakan tidak sembarangan, melainkan hanya bagian khas dalam saja, sehingga memiliki tingkat kekenyalan yang pas namun tetap terasa empuk. Masakan ini cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai menu utama.

Randang atau rendang
Randang adalah masakan tradisional khas Minang Sumatera Barat. Randang merupakan masakan favorite hampir setiap orang yang datang ke rumah makan Padang. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama kuah santan dan bumbu-bumbu khas Padang lainnya. Bahan-bahan utamanya adalah daging sapi (dagiang sapi), air parutan kelapa (aia karambia), cabai (merah lado merah) dan bumbu-bumbu pemasak lainnya (langkok-langkok tidak menggunakan kunyit agar tekstur daging tidak rusak). Sekarang rendang bukan saja dari daging sapi, tetapi dari daging ayam, telur dan buah nangka muda pun sering dibuat rendang oleh masyarakat Minang Sumatera Barat. Menyantap masakan ini ditemani dengan sepiring nasi hangat dan segelas es teh adalah salah satu hal paling nikmat yang bisa dirasakan di Indonesia.

Gulai Toco
Bahan utamanya adalah kacang buncis, kadang dicampur tempe dan daging yang dipotong kecil-kecil serta cabai hijau yang diiris-iris mengikuti bentuk irisan kacang buncisdan di masak dengan air santan serta bumbu-bumbu lainnya. Masakan ini berkuah dan berwarna putih kehijauan.

Gulai Banak atau Gulai Otak
Gulai banak atau gulai otak merupakan masakan Padang berkuah santan. Bahan utama adalah otak sapi yang dipotong-potong kecil-kecil.

Cancang
Masakan Padang dengan bahan utama adalah daging dipotong kecil-kecil (kadang ukuran besar). Pakai santan dan cabai merah giling. Rasanya cukup pedas dan aromanya sangat khas. Biasanya daging yang digunakan adalah daging kambing.

Ryanz

Posts : 2
Join date : 2016-08-10

View user profile

Back to top Go down

Re: Makanan khas padang

Post by Terbang on Thu Aug 11, 2016 8:31 pm

Maknyossssss

Terbang

Posts : 1
Join date : 2016-08-11

View user profile

Back to top Go down

Re: Makanan khas padang

Post by engres on Tue Dec 13, 2016 4:29 pm

Sampe sekarang yang menjadi salah satu favorite saya kalau soal makanan khas padang yaitu rendang sama cincang sih Very Happy

engres

Posts : 7
Join date : 2016-12-13
Age : 25
Location : DKI Jakarta

View user profile http://www.engsresto.com/nasi.tumpeng.php

Back to top Go down

Re: Makanan khas padang

Post by ventrapoint on Sat Jan 14, 2017 2:06 pm

Wah.. Jadi laper bacanya Very Happy

Mau tanya, sebenarnya kalau rendang itu pake daging sapi atau daging kerbau sih kalau yang dijual di restoran Padang kebanyakan itu?
avatar
ventrapoint

Posts : 3
Join date : 2017-01-14
Location : Jakarta Barat

View user profile http://www.ventrasys.com

Back to top Go down

Re: Makanan khas padang

Post by Sponsored content


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum