Latest topics
» Good Morning from Angkok Wat, Siem Reap, Cambodia
Mon Feb 20, 2017 9:15 am by Lyn Asiana Travel

» Sekilas tentang Australia
Thu Feb 09, 2017 3:52 pm by engres

» Fr : Taiwan
Thu Feb 09, 2017 3:19 pm by engres

» THE PIKAS PIKASTO DAN BANYUWONG
Sat Jan 14, 2017 2:12 pm by ventrapoint

» Makanan khas padang
Sat Jan 14, 2017 2:06 pm by ventrapoint

» Salam kenal dari Jakarta
Sat Jan 14, 2017 2:04 pm by ventrapoint

» Good morning from Co To Island, Quang Ninh Province, Vietnam!
Wed Jan 11, 2017 8:15 am by Lyn Asiana Travel

» Wisata kuliner Dieng
Tue Jan 10, 2017 3:09 pm by engres

» 10 Makanan Khas Terlezat Inggris
Tue Jan 10, 2017 3:03 pm by engres

Top posting users this month


Curug Winong

View previous topic View next topic Go down

Curug Winong

Post by Indotravelclub on Fri Aug 12, 2016 1:39 pm

Curug Winong



Curug Winong, Air Terjun Asri di Pelosok Wonosobo

Selain telaga Menjer, obyek wisata alam yang patut anda sambangi jika kebetulan anda singgah di Wonosobo adalah Curug Winong, Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini adalah berupa Air terjun (curug) dan berlokasi di wilayah desa Winongsari, lebih tepatnya Dusun Temanggung, Desa Winongsari, Kec. Kaliwiro, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.
Terletak di areal hutan desa, Curug Winong tak hanya menawarkan keindahan air terjun yang berbentuk seluncur, namun juga menawarkan keindahan alam pegunungan khas Wonosobo yang sangat memanjakan mata.
Curug Winong merupakan salah satu mutiara alam yang masih perawan di Wonosobo.  Bentuk terjunan air  seperti tempat bermain seluncur. Airnya yang jernih mengalir di dinding batu yang hitam.  Di lokasi ini, pengunjung bisa naik ke atas batu dan melihat aliran airnya dari dekat.
Sayangnya curug ini kurang terkenal dan belum banyak dipromosikan sehingga sangat jarang wisatawan yang datang.
Kendati terletak di pedalaman hutan, namun akses menuju Curug Winong ini terbilang sangat bagus. Untuk menuju gerbang desa Winongsari, anda akan dihadapkan pada jalan raya yang mulus beraspal dan berkelok dengan pemandangan hutan pinus dan pegunungan di sisi kanan dan kiri jalan. Sungguh Pemandangan pembuka yang cukup memanjakan mata.
Dari gerbang desa Winongsari ke loket wisata Curug Winong, jaraknya sekitar setengah kilometer melewati jalan desa. Namun jalan desa ini tak semulus jalan raya yang dilewati sebelumnya.
Sampai di area loket, disana sudah tersedia parkiran yang cukup luas, Biaya parkir hanya 2.000 rupiah per motor, sedangkan tiket masuk ke Curug hanya 1.000 per orang (di hari libur, naik jadi 2.000 per orang), Sangat murah bukan?
Dari loket, kita harus berjalan sekitar 500 meter lokasi curug, tenang saja, jalannya cukup bagus kok, di 100 meter pertama, jalan-nya sudah dipaving, sedangkan sisanya berupa jalan setapak. Selama menempuh jalan setapak ini, kita bisa menikmati indahnya persawahan desa Winongsari juga sungai jernih yang mengalir di sisi kiri jalan.
Hanya butuh sekitar 15 menit dengan berjalan kaki dari loket untuk sampai ke lokasi Curug Winong.
Di Lokasi Curug Winong, pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan air terjun setinggi hampir 70 meter dengan bentuk permukaan turunan yang menyerupai seluncur.
Topografi turunan Curug Winong yang menyerupai seluncur dengan kemiringan tak lebih dari 70 derajat membuat banyak pengunjung yang memberanikan diri untuk bisa memanjat naik. Para Pengunjung umumnya berlomba untuk bisa mencapai titik tertinggi dari permukaan curug yang bisa didaki.
Selain pemandangan air terjun, pemandangan lain yang bisa membuat pengunung ternganga adalah adanya tiga buah batu besar yang oleh warga setempat disebut sebagai watu kelir. Satu batu berada persis di bawah curug, sedangkan dua buah batu lainya berdampingan dan berokasi tak jauh dari batu yang pertama, hanya saja posisinya agak di bawah.
Gemercik Air terjun yang meluncur deras diatas bebatuan tebing curam dengan pemandangan hijau khas pegunungan wonosobo membawa suasana damai dan tenang bagi siapa saja yang berkunjung.
Mengapa Curug Winong disebut Harta karun tersembunyi? adalah karena keberadaannya yang belum begitu diketahui khalayak padahal tempatnya sungguh indah dan layak dipromosikan sebagai tempat wisata.
Bagi anda para pecinta alam ini bisa jadi lokasi tepat untuk berkemah dan menghabiskan malam, tidak ada hewan buas di Curug Winong. Selain itu tidak jauh dari lokasi Curug anda bisa menemukan banyak desa-desa dengan keindahan alam yang masih sangat asri, perkebunan teh dan tembakau membentang luas.

Indotravelclub

Posts : 15
Join date : 2016-08-04

View user profile

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum